Kamis, 25 April 2013

)I( Sepenggal Kata dari Saudaraku )I(

Kata-kata mereka singkat.....tidak langsung disampaikan, tetapi lewat pesan singkat. Ya, sepenggal kata dari saudara-saudaraku yang walaupun lewat pesan singkat, telah mampu menumbuhkan semangatku menjadi semakin besar. Mungkin sekarang mereka malahan sudah lupa kalau pernah mengirim sms ini padaku. Tapi aku ingin menunjukkan padamu kawan, betapa besar kekuatan kata-kata, walaupun sepenggal dan melalui pesan singkat. 

Ganbatte.....



** Indah_SMP 2 Ungaran (13/05/2010)

"Harta yang paling berharga adalah Iman, teman yang paling setia adalah Kasih, bahasa yang paling indah adalah syukur, kekuatan yang paling besar adalah Doa"


** Hesti U'_mat '06 (14/05/2010)

"Diam itu berarti berhenti. Keheningan itu berarti hampa. Karena diamnya kita adalah proses berpikir dan hindari tuk katakan yang sia-sia. Karena heningnya kita mungkin adalah muhasabah dan menajamkan hubungan vertikal kita dengan Rabb. Kita tak pernah tahu apa yang ada dalam lubuk hati, kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi esok. Kita hanya tahu untuk selalu berusaha yang terbaik." 


** 081326344426 (18/05/2010)

"Allah tidak menjanjikan langit selalu biru, bunga selalu mekar, bahkan mentari selalu bersinar di setiap kehidupan. Tapi Allah berjanji bahwa dengan Rahman dan RahimNya akan selalu bersama kita dalam keadaan apapun. Allah akan memberi pelangi di setiap badai, senyum di setiap air mata, berkah di setiap cobaan, ayat-ayat cinta di setiap helaan nafas dan jawaban di setiap doa..."


** Zumarah U'_STAIN Kudus (23/05/2010)

"Perubahan tanpa visi melahirkan kekacauan, perubahan tanpa skill melahirkan kecemasan, perubahan tanpa insentif melahirkan penolakan, perubahan tanpa resource melahirkan frustasi, perubahan tanpa action plan melahirkan kegagalan." 


** Disa U' (25/05/2010)

"Ada 4 senyum terindah dalam diri seorang muslim : senyum kesabaran dikala menghadapi cobaan, senyum keikhlasan dikala berkorban, senyum kejujuran dikala berucap, dan senyum ketulusan dari hati dikala mencintai seseorang di jalan Allah..." 


** Zumarah U'_STAIN Kudus (26/05/2010)

"Semboyan pemuda muslim sejati wahai pemuda, luruskan niatmu, langkahkan kaki, ayunkan tanganmu, tegarkan hati, peras keringatmu dan kuatkanlah kesabaranmu untuk meraih surgamu yang telah dijanjikan Allah kepadamu." 


** 085292325680 (30/05/2010)

"Dear teman,,, apa kabar imanmu hari ini? Semoga selalu menapak maju. Apa kabar hatimu hari ini? Semoga selalu bersih dari debu juga kelabu. Sahabat…bersama kita mulai belajar apa yang pernah Rabb sediakan, apa yang pernah Rabb sandingkan, apa yang pernah Rabb mudahkan. Semuanya dijadikan sebagai ujian, ataukah engkau merasa bahwa engkau dipersulitkan, bahwa engkau direpotkan, bahwa engkau disiksakan karena yang engkau ingin adalah ketenangan, dan berbuatlah lebih dari sekedar takut akan azabNya, lebih dari sekedar harap jannahNya. Sahabat…dimanakah ujung keikhlasan? Ia ada dalam setiap nikmat yang benar-benar dapat membekas yang dapat kamu rasakan. Tapi karena engkau kini mulai paham, apakah arti satu dari sejuta nikmat yang kamu rasakan?" 


** 085727153634 (01/06/2010)

"Tidak sempurna keimanan seseorang di antara kamu sehingga ia mencintai saudaranya (sesama muslim) sebagaimana ia mencintai dirinya." (HR. Bukhari & Muslim)


** Titin U'_FE 06 (01/06/2010)

"Met sore bidadari solehah… semoga hari ini Allah beserta para makhlukNya yang mulia senantiasa memudahkan langkah kakimu untuk tegap melangkah menapaki jalan yang sama yang telah di tempuh Rasul beserta para sahabatnya… semoga kuatnya azzam yang tertanam di hati menjaga semangat juangmu untuk istiqomah dijalanNya… semoga Allah memudahkan kepakan sayapmu tuk semakin dekat denganNya…" 


** 085643469531 (03/06/2010)

"Ya Allah, jadikanlah Al Quran yang agung itu bersemi di hati-hati kami, bercahaya di dada kami, pengusir segala kesedihan kami dan penghilang kegundahan dan kegelisahan kami. Dan jadikan penyejuk di mata kami ada dalam sholat kami." 


** Disa U' (08/06/2010)

"Seperti apapun hari ini, semoga Allah mengusap lembut hatimu, menjadikanmu bagian dari orang-orang yang berjiwa tenang, yang kelak akan datang kepada Allah dengan wajah bercahaya. Semoga hari-harimu diwarnai kasih sayangNya dan setiap peluh ternilai sebagai pemberat amal kebaikan. Amiin."


** 085643469531 (09/06/2010)

"Dakwah bukannya tidak melelahkan, bukannya tidak membosankan, bukannya tidak menyakitkan. Bahkan para pejuang risalah bukannya sepi dari godaan kefuturan,,,"




** Ida Rohmatin_kim '08 (10/06/2010)

"Assalmkm…kawan, kadang kita merasa jadi orang paling sibuk di dunia. Tapi…cobalah untu berhenti sejenak untuk merenungkan (bukan melamun). Amati alam sekitar, orang yang lalu lalang, pasti kau akan tahu betapa banyak nikmat yang telah Allah berikan, dan itu tidak kita sadari. Alhamdulillah Engkau berikan semua ini pada ku ya Allah..."



** Loly U'_IKM '06 (10/06/2010)

"Ketika kita minta pada Allah setangkai mawar, Allah beri kaktus berduri. Ketika kita minta pada Allah bintang mungil nan cantik, Allah beri ulat berbulu. Mungkin kita sedih dan kecewa betapa tidak adilnya ini, namun kemudian…kaktus itu berbunga sangat indah sekali dan ulat berubah menjadi kupu-kupu yang teramat cantik. Itulah jalan Allah..indah pada waktunya. Allah tidak memberi apa yang kita harapkan, tetapi Allah memberi apa yang kita perlukan. Kadang kita sedih, kecewa, terluka. Tapi jauh diatas segalanya, Allah sedang merajut yang terbaik untuk kehidupan kita."



** M' Nurul_bio '05 (13/06/2010)

" S A H A B A T , aku mencintai sahabat ku dengan segenap jiwa ku. Sahabat yang baik adalah yang seiring dengan ku dan menjaga nama baik ku. Ketika hidup atau selepas mati. Kuulurkan tangan kepada sahabat ku untuk berkenalan karena aku merasa senang. Semakin banyak sahabat, aku semakin percaya diri. Aku selalu berharap mendapat sahabat sejati yang tidak luntur dalam suka atau duka. Jika aku bisa, aku ingin setia padanya… (Imam Syafi'i)."



** Titin U'_FE '06 (30/06/2010)

"Malam ini sebaris doa menyapamu sahabatku… semoga Allah mengabulkan doa-doamu, mewujudkan segala harapan dan cita-citamu, meluaskan ilmu dan rizkimu, memberkahi umurmu, menyempurnakan pahalamu, menggugurkan dosa-dosamu, memuliakan wajahmu, meninggikan derajatmu di dunia dan akhirat, menempatkanmu di jannatu'and bersama orang-orang yang di ridhoiNya…amin."



** Resti U'_kim '06 (01/07/2010)

"Allah tidak pernah menjanjikan hari-hari kita berlalu tanpa sakit, berhias tawa tanpa kesedihan, senang tanpa kesulitan. Tapi Allah menjanjikan kekuatan untuk dapat melewatinya selama berhusnudzon kepadaNya. Apapun yang terjadi saat ini, yakinlah ada campur tangan Allah disana. Tetap bersabar dan bertawakal dalam menjalani kehidupan, ikhlaskan diri untuk..."



** Ade' (05/07/2010)

"Ya Allah… wanita yang membaca sms ini adalah wanita shalihah yang cantik, kuat, dan sabar. Sayangilah dia serta kasihilah dia. Tolong bantu tingkatkan kehidupannya, mudahkan rezekinya, sehatkan badannya. Jika dia melangkah, selamatkanlah dia, mudahkan langkahnya. Amin..."



** Latifah_bio '07 (05/07/2010)

"Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Maka apabila engkau telah selesai dari dari suatu urusan, tetaplah bekerja keras untu urusan yag lain. Dan hanya kepada Tuhanmulah engkau berharap."



** Syaibiyah S_bio '07 (07/07/2010)

"Sahabat adalah pembunuh. Pembunuh kesepian dalam diri kita. Sahabat sebagai penjudi, yang rela mempertaruhkan miliknya demi diri kita. Maka dari itu, sahabat pantas dipenjarakan. Dipenjarakan dalam hati kita, untuk dikenang seumur hidup."



** A' Wasis (07/07/2010)

"Segala sesuatu yang berproses di muka bumi ini berjalan menurut kewajaran. Keajaiban hanya terjadi dalam 2 keniscayaan: Buah dari proses yang dilakukan secara luar biasa atas ijin Allah dan Ihwal seketika yang menjadi bukti kekuasaanNya."



** Resti U'_kim '06 (10/07/2010)

"Saudaraku, menjadi penting itu baik, tapi menjadi baik jauh lebih penting. Meskipun kata-kata itu sering terucap, mari diresapi kedalaman maknanya. Semoga kita tetap menjadi kitab walau tanpa judul."



** Hidayah U' (20/07/2010)

"Bismillah… 'Dan sungguh, telah Kami mudahkan Al Quran untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?' (QS. 54: 17)."



** M' Hanum_bio '04 (29/07/2010)

"Lihatlah, seorang peselancar akan semakin 'girang' saat ombak yang datang semakin besar. How about us? Apa akan juga 'girang' saat ombak besar datang dalam hidup?"



** 081904464287 (30/07/2010)

"Hidup mengajari kita tentang makna bersyukur di fajar hari, juga tentang kerja keras di terik siang, tersenyum saat senja menjelang, serta merasa damai ketika terlelap dalam malam. Allah tahu lelah sekali raga kita hari ini. Dia juga tahu berkurangnya jatah bersantai yang harus kita nikmati. Allah Maha Tahu. Karenanya tersenyumlah, karena senyum kita akan dibalasNya dengan rangkaian berkah tiada tara."



** Indah_SMP 2 Ungaran (30/07/2010)

"Aku mengenalmu dengan hati, bukan dengan mata. Aku menyayangimu dengan perasaan, bukan dengan pikiran, dan aku ingin kamu tahu, bahwa aku mencintaimu dengan jiwa, bukan dengan kata-kata."



** M' Nurul_bio '05 (02/08/2010)

"Wisata Hati: Rasulullah bersabda: 'Kondisi yang paling dekat antara seorang hamba dengan Tuhannya adalah saat dia sujud, maka dia hendaknya memperbanyak doa saat kondisi tersebut.'" (HR. Muslim)



** A' Sodiq_mat '06 (10/08/2010)

"Doa Jibril: Ya Allah, jangan diterima shaum umat Muhammad saw sebelum melaksanakan 3 perkara: (1) Mohon maaf kepada kedua orang tua, (2) kepada suami istri, (3) kepada sahabat, saudara, handaitaulan, sesama muslim." (HR. Bukhari)



** Nurhayati U'_UNY '06 (16/08/2010)

"Inspirasi pagi ini: siapakah yang paling baik amalannya (ahsanu 'amala)? Yaitu orang-orang yang paling menahan diri dari yang diharamkan Allah, paling cepat dalam ketaatan kepada Allah, paling zuhud dan meninggalkan kesenangan dunia, paling takut kepada Allah, paling banyak mengingat mati dan paling banyak persiapannya menghadapi mati, paling ikhlas dan benar amalnya."



** Hidayah U' (19/08/2010)

"Ketika aku mohon kekuatan, Allah memberikan kesulitan agar kuat. Ketika aku mohon cinta, Allah memberiku orang-orang bermasalah untuk aku tolong. Ketika aku mohon lulus cepat, Allah telah memberi  ku kesempatan untuk lebih banyak belajar, lebih banyak bekerja, lebih banyak berdoa, lebih banyak meminta kepadaNya, lebih banyak bersabar… subhanallah…tarbiyah Allah…it's cool. Allah tidak memberi apa yang kita inginkan akan tetapi memberi semua yang kita butuhkan..."

** Eka Nur A_U' (25/08/2010)

"Renungan:

Siapapun layak mati hari ini. Ia tidak menunggu BESOK, Ia tidak menunggu SIAP, kitalah yang harus siaga menyambutnya dengan tidak menunda dalam beramal."



** A' Bayu_FBS '07 (27/08/2010)

"Today's spirit:

Hidup bagai perlombaan. Tak peduli berapa kali kau jatuh, yang terpenting adalah bisa kembali bangkit setelah jatuh dan terus maju hingga finish. Disitulah letak kemenanganmu."



** M' Putik_bio '05 (02/09/2010)

"Ada 3 orang yang doanya tidak ditolak: Pemimpin yang adil, Orang yang berpuasa ketika ia berbuka dan doa orang terdzolimi." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hiban)



** Wahyu S. (20/08/2010)

"Ya Allah, muliakanlah orang yang membaca sms ini. Lapangkanlah hatinya dan bahagiakan keluarganya, luaskanlah rizkinya. Mudahkanlah segala urusannya. Jauhkan dari segala penyakit, fitnah dan prasangka keji dan mungkar, serta terimalah semua amal ibadahnya dan kelak jadikan ia sebagai penghuni surgaMu…amin..."



** Ade' (21/08/2010)

"Wahai saudaraku… tegarlah dalam mengarungi lautan dakwah dan bersabarlah dalam memperjuangkan islam, karena terkadang memang dalam dakwahmembutuhkan pengorbanan…menimbulkan kekecewaan, bahkan meneteskan air mata. Tapi yakinlah akan janji Allah jika semua itu akan terbingkai dalam sebuah kata : keikhlasan."



** Disa U' (03/09/2010)

"Hidup manusia ibarat sebuah buku. Cover depan adalah tanggal lahir, cover belakang adalah tanggal wafat. Tiap lembarannya adalah hari-hari dalam hidup kita. Ada buku yang tebal, ada pula yang tipis. Dahsyatnya, seburuk apapun halaman sebelumnya, selalu tersedia halaman selanjutnya yang putih bersih, siap dipakai untuk coretan pena berikutya. Begitupun hidup. Seburuk apapun hari kemarin, Allah selalu menyediakan hari yang baru hingga hari penutup kita. Kesempatan yang baru untuk bisa melakukan sesuatu yang benar setiap harinya dan meninggalkan kesalahan, serta melanjutkan alur cerita yang sudah ditetapkanNya. Dan kuncinya adalah: ANTUSIAS dalam perbaikan."



** Ifah_bio '07 (04/09/2010)

"Doa Ramadhan hari ke 25:

Ya Allah, jadikanlah aku orang-orang yang mencintai auliyaMu dan memusuhi musuh-musuhMu. Jadikanlah aku pengikut sunah-sunah penutup nabiMu, Wahai Penjaga Hati para Nabi. Amin..."



** A' Sapto (05/09/2010)

"Tak ada perjalanan yang mulus. Semua jalan memiliki hambatan dan tantangannya sendiri. Di laut kita dihantam ombak dan badai, di darat ada lubang, ada jurang. Di uadara ada awan hitam, kabut, petir, dll. Tetapi perjalanan tidak boleh berhenti, karena resiko begitu besar. Begitu pula dengan perjalanan dakwah kita… kita berpacu dengan waktu melawan dan menaklukkan setiap rintangan yang datang menghadang. Tak ada kata berhenti karena berhenti sama artinya menjemput kebinasaan. Bergerak…terus bergerak!"



** Resti U'_kim '06 (06/09/2010)

"Rencana Allah sungguh indah. Allah tidak akan pernah mengabulkan harapan hambaNya yang Ia cintai dengan cepat/tanpa hambatan, karena Allah suka dan merindukan doa, air mata, dan aduan hamba tersebut. Jadi ambillah sikap positif dan hikmh setiap kejadian yang menurut kalian berat dan tidak menyenangkan, karena sungguh Allah meridukanmu…"



** Ade' (07/09/2010)

"Wahai manusia yang paling bahagia dengan agama dan akhlaknya. Tanpa mutiara, perhiasan, dan emas engkau bahagia. Karena tasbihmu bagai kabar gembira, rintik hujan, sinar fajar, cahaya mentari dan awan yang tiada henti mengalir : dalam sujud, doa, dan renunganmu terhadap cahaya kitabNya, yang menyeruak dari celah-celah sebuah gua, lalu oleh Rosul Rabb mu di pancarkan kepada segenap bangsa Arab dan Romawi. Engkau adalah yang paling bahagiadi dunia dan akhirat dengan kesucian hatimu yang dibangun dengan taqarub."

** M' Putik (26/10/10)

"Para PAHLAWAN selalu menemukan celah di balik kebuntuan dan memiliki secercah harapan di balik gelapnya kehidupan. Yang mereka lakukan adalah mempertahankan Kemenangan, Harapan, Keberanian, dan Semangat." (Anis Matta)



** M' Lilis (31/10/10)

"Ya Rabb, berkahilah saudara2 kami dengan segala kemudahanMu, kuatkan ikatan kami dengan ikatan rabithah, hiasi hati2 kami dengan qalbun salim, agar kami tetap bisa bersatu untuk menyeru di jalanMu. Amin..."



** Nurhayati_UNY (13/12/10)

"Kupu-kupu tidak tahu warna sayap mereka. Tapi orang-orang tahu betapa indahnya mereka. Seperti juga dirimu, tidak tahu betapa indahnya dirimu. Tapi Allah tahu betapa istimewanya dirimu di mataNya. Ketika engkau tunduk dalam syari'atNya. Ridha atas takdirNya. Tersenyum dalam musibah…. Tegar dalam ujian…. Teguh dalam pendirian… subhanalloh… semoga kita termasuk orang-orag yang terpilih menjadi orang yang terindah dimataNya dan semoga kita senantiasa dalam lindunganNya. Amin…."



**M' Windi (28/12/10)

"Sesungguhnya kita ini kuat dengan bantuan Allah, dan tidak akan pernah lemah selamanya karena pertolongan Allah. Kita ini mulia karena Allah, dan tidak akan hina selamanya karena Allah. Kaya karena Allah, dan tidak akan pernah fakir selamanya karena Allah. Kami ingi mengajarkan umat dengan sikap yang baru, yang sesuai dengan nilai-nilai Islam. Kami ingin membina umat dengan akhlak Islam dan menuntun mereka denga pola hidup Islam. Agar umat bisa berjalan di belakang pemimpinnya yang paling agung. Pemimpin  yang paling mulia, Muhammad saw." (Hasan Al Banna)



** Eka N.A (11/01/11)

"Bunga itu berazzam tuk tetap kokoh berdiri, meski hujan deras menekan keras mahkotanya…meski angin tak membelainya dengan lembut…meski terik menyengat, dan air tak cukup ia dapatkan, yang terpenting setiap perjalanan hidupnya bisa memberi pesona dan karya nyata tuk Sang Pencipta Cinta…semoga kita termasuk salah satu dari bunga tersebut. Amin..."



** Nurhayati_UNY (18/10/11)

"PELITA QALBU : Hidup adalah belajar, belajar bersyukur meski tak cukup, belajar taat meski berat, belajar memahami meski tak sehati, belajar sabar meski terbebani, belajar dan terus belajar dengan keyakinan setegar karang di lautan."



** M' Windi (31/01/11)

"Sungguh syaikh Albanna adalah pemimpin rabbani. Ia bukan sekedar pemimpin yang mengiginkan  terbentuknya pemerintah Islam, tapi sebelum semuanya itu, ia adalah seorang Guru, seorang Pembina, seorang Murabbi, yang ingin membangun generasi baru Islam, mengimaninya, berpegang teguh pada ajarannya, mendakwahkannya, dan berjihad di jalannya." (syaikh An Nadawi, Aku dan Ikhwan)



** M' Putik (05/02/11)

"Barangsiapa yang senang Allah mengabulkan doanya di saat kondisi2 sulit dan susah, maka hendaknya dia memperbanyak doanya di saat lapang." (HR. Tirmidzi)



** M' Hanum (08/02/11)

"Tidak ada istilah terlalu cepat untuk berbuat kebaikan. Sebab kita tak pernah tahu seberapa cepat kebaikan kita ternyata sudah terlambat." (Ralph Waldo Emerson)



** Taufiq_MIPA07 (12/02/11)

"Ya Allah, sesungguhnya aku berpagi hari dariMu dalam kenikmatan, kesehatan dan perlindungan. Maka sempurnakanlah untukku kenikmatan, kesehatan dan perlindunganMu di dunia dan akhirat, amin..."



** M' Hanum (14/02/11)

"Ukhuwah tak mengenal kesedihan. Ia mengiringimu dalam hidup sebagai penyejuk. Menyapamu dalam kesendirian yang melelahkan dan menjagamu tetap dalam senyum. Ukhuwah adalah persaudaraan yang kekal. Ia tak mengenal kejenuhan. Ukhuwah selalu punya sesuatu untuk dibagi, meski hanya sebait doa yang tak kasat oleh mata..."



** Taufiq_MIPA07 (14/02/11)

"Duhai Allah yang Maha Kaya, ampuni segala kecerobohan, kekikiran, terhadap rizki yang Engkau titipkan kepada kami. Ampuni keengganan, kesombongan kami, terhadap orang2 yang tiada berdaya disekitar kami. Ya Allah, tolonglah kami untuk menjadi pribadi yang indah, dalam limpahan rizkimu. Duhai Allah yang Maha Agung, jadikan siapapun yang menyimak ini menjadi orang2 yang ikhlas, terpelihara dari kedzoliman siapapun. Ya Rabbi, karuniakan kepada kami pemimpin yang arif dan bijak, yang benar2 cinta terhadap kebenaran, yang benar2 hiup selalu dalam kebenaran, yang benar2 berjuang untuk membela kebenaran…karena Engkau penggenggam setiap makhlukMu….amin ya Rabb..."



** Taufiq_MIPA07 (20/02/11)

"Iman…adalah deklarasi diri. deklarasi akan kebebasan diri dari rasa percaya akan hal2 kebendaan. Iman adalah deklarasi diri akan kepercayaan hanya pada pencipta yang melahirkan ketaatan2 dalam setiap pikiran dan amal."



** Ms Kosim (21/02/11)

"Ketika jejak2 kasih sayang Allah sudah mulai tampak I halaman kalbu, awan mahabbah dan kabut cinta Allah sedang datang berarak di langit hati, pertanda rahmat hidayah akan turun menyirami taman jiwa. Tidak lama berselang, akan tumbuh bersemi fitrah yang suci, hadir perasaan tunduk dan patuh pada kebenaran, timbul motivasi dan semangat untuk berbuat kebaikan. Saat itulah kehidupan akan dirasa berarti dan kebahagiaan bisa direngkuh kembali." 



** M' Hanum (23/02/11)

"Hidup seperti sederetan kata yang punya 'SPASI'. Kadang butuh 'KOMA' untuk beristirahat sejenak. Kadang muncul 'TANDA TANYA' saat kehilangan arah. Sesekali juga menghadirkan 'TANDA SERU' saat kenyataan tidak sesuai harapan. Bahkan terkadang pula butuh 'PETA' dan 'CATATAN' sebagai petunjuk dan evaluasi diri..."



** M' Putri (24/02/11)

"Pemenang kehidupan adalah orang yang tetap sejuk ditempat yang panas…yang tetap manis ditempat yang begitu pahit…yang tetap merasa kecil meski telah menjadi besar…dan yang tetap tenang di tengah badai yang paling hebat serta tetap mengandalkan Allah dalam segala urusan..."



** M' Windi (27/02/11)

"Kami senang dengan MIMPI. Maka kebanyakan bicara kami kala siang adalah bicara soal mimpi."



** M' Harna (08/03/11)

"Menjadi obsesi besar kita, tujuan hidup kita adalah ibadah,sasaran kita adalah ridho Allah, target kita adalah surga. Mari kita lakukan amal unggulan (baik dengan sholat, puasa, sedekah atau lainnya), berperan (sebagai diri, anggota keluarga, masy, bangsa, negara) & berkarya (bekerja profesional). Semoga karena Allah..."







Tidak ada komentar:

Posting Komentar